Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Foto Jokowi Cium Tangan Bibit

Kompas.com - 19/10/2012, 13:40 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Seperti yang telah diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Jumat (19/10/2012) pagi, mengejutkan tamu undangan acara pelantikan FX Hadi Rudyatmo, Wali Kota Solo, yang memadati pelataran luar Gedung DPRD Surakarta. Kala itu, saat bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo, seperti terlihat dalam foto, mantan Wali Kota Solo itu mencium tangan Bibit.

Ditemui di Solo seusai acara pelantikan, Jokowi mengaku, aksi cium tangan itu dilakukannya sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang yang lebih tua. "Ya sebagai yang lebih muda harus hormat seperti itu," katanya sambil tertawa.

Seperti yang sempat diberitakan, ketegangan sempat terjadi antara Jokowi dan Bibit Waluyo terkait polemik pembangunan mal di Solo dengan menempati salah satu bangunan kuno Pabrik Es Saripetojo. Saat itu terlontar pernyataan dari Bibit yang mengatakan Jokowi sebagai seorang yang bodoh.

Kala itu, Jokowi yang masih menjabat sebagai Wali Kota Solo menentang pembangunan mal di Kota Solo, apalagi mengubah bangunan bersejarah seperti Pabrik Es Saripetojo. Perang dingin antara kedua tokoh tersebut terjadi pada 2011.

Sementara itu, Bibit Waluyo seusai melantik Rudyatmo langsung meninggalkan lokasi menuju Boyolali untuk menghadiri acara lain. Ia bahkan meninggalkan istrinya, Sri Suharti, yang melakukan pelantikan Kepala Tim Penggerak PKK di Gedung Paripurna DPRD Kota Surakarta.

***
Ikuti Berita Terkait dalam Topik: PELANTIKAN WALI KOTA SOLO

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com