Kamis, 18 September 2014

News / Regional

Telekomunikasi

Telkomsel Kawal Kualitas Jaringan di Ruteng

Kamis, 18 Oktober 2012 | 15:56 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com- PT Telkomsel menguji kualitas jaringan saat berlangsungnya rangkaian perayaan 100 tahun Gereja Katolik Manggarai yang dihadiri Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono di Ruteng, Kamis (18/10/2012) hingga Jumat (19/10/2012).

Hal itu dilakukan untuk menjamin kelancaran komunikasi pelanggan di Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, dan Ruteng di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Head of ICT Network Management Telkomsel Regional Bali Nusra Ganot Sunoto mengatakan, uji kualitas jaringan merupakan kegiatan quality assurance untuk menjaminkan kenyamanan berkomunikasi bagi seluruh pelanggan dan masyarakat yang terlibat dalam aktivitas kepresidenan di Labuan Bajo dan Ruteng.

Menurut dia, momen ini menjadi kesempatan baik untuk meningkatkan layanan berkualitas.

Pada drive test di Labuan Bajo dan Ruteng, Telkomsel mengukur kekuatan sinyal 2G dan 3G serta kualitas layanan data. Hasilnya memperlihatkan kekuatan sinyal Telkomsel secara umum sangat baik, dengan angka rata-rata Reception Level (RxL) dan Received Signal Code Power (RSCP) -85 dBm atau setara 3-4 bar sinyal di ponsel.

Performansi layanan data secara umum juga baik, di mana kecepatan download dengan menggunakan jaringan 3G rata-rata mencapai 1 Mbps.

Telkomsel telah menggelar lebih dari 100 base transceiver station (BTS) termasuk 10 Node B (BTS 3G) untuk melayani kebutuhan komunikasi masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat dan Kabupaten Manggarai. Untuk memaksimalkan penggunaan layanan data, Telkomsel telah melipatgandakan kapasitas jaringan 3 Node B yang berlokasi di Ruteng.


Penulis: Ayu Sulistyowati
Editor : Marcus Suprihadi