Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawanan Sapi dan Kambing Berkeliaran di Jalan

Kompas.com - 17/10/2012, 10:46 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Kawanan sapi dan kambing berkeliaran bebas di tengah pemukiman penduduk dan sejumlah ruas jalan raya di kota Polewali Mandar, Sulawesi Barat sejak tiga pekan terakhir. Kondisi ini meresahkan warga setempat, dan juga mengancam keselamatan para pengguna jalan. Pasalnya, hewan-hewan ini kerap memotong jalan yang padat kendaraan secara tiba-tiba.

Selain itu, kawanan sapi dan kambing yang menyerbu masuk ke kawasan permukiman penduduk menjadi masalah tersendiri. Hewan-hewan ini membuang kotoran di sembarang tempat, dan juga membongkar tempat-tempat sampah, bahkan masuk ke dalam rumah penduduk.

Pemerintah setempat kerap mengeluarkan seruan melalui pengeras suara di masjid, agar para pemilik ternak memperhatikan hewan-hewan peliharaan mereka. Namun imbauan dan bahkan larangan itu seakan tak didengarkan oleh pemilik ternak. Sapi dan kambing tetap saja berkeliaran bebas.

Salah satu lokasi yang kerap menjadi tempat mangkal sapi dan kambing, seperti yang terlihat Selasa (16/10/2012) kemarin adalah di Jalan Andi Depu, persis di depan Kantor DPRD dan kantor pemerintahan desa di Polewali Mandar. Lemahnya penanganan pemda dan Satpol PP dalam menertibkan kawanan ternak sapi dan kambing yang dilepas membuat pemilik ternak tetap melepas peliharaannya secara sembarangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com