Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Seminggu Gunung Rokatenda Keluarkan Asap

Kompas.com - 14/10/2012, 19:03 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

MAUMERE, KOMPAS.com - Sudah lebih dari seminggu ini, Gunung Rokatenda di Pulau Palue, Kecamatan Palue, Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur, terus mengeluarkan asap putih. Pemandangan ini membuat sebagian besar warga yang bermukim dekat gunung api itu menjadi khawatir.

"Selain asap, Gunung Rokatenda juga mengeluarkan abu yang kemudian beterbangan sampai ke wilayah kampung. Kami masyarakat merasa terganggu karena pernah mengeluarkan api dan sempat juga terbakar di padang rumput dekat gunung api ," kata Hillers Ratu, warga setempat ketika menghubungi Kompas.com dari Maumere, Minggu (14/10/2012).

Beberapa waktu lalu, tambah Hillers, ada beberapa orang warga sekitar yang nekat kemudian mendatangi lokasi gunung api dan menyaksikan langsung. Menurut mereka, ada tumbuh gunung baru dan posisinya dekat lagi dengan kampung Awa, Desa Nitung Lea, Kecamatan Palue.

"Jarak antara permukiman warga dan gunung cukup dekat yakni sekitar tiga kilometer, sehingga setiap ada aktivitas baru dari gunung, warga di sini pun langsung merasakan," papar Hillers.

Dia juga menambahkan, di gunung berapi itu terdapat beberapa desa yakni Desa Nitung Lea, Desa Lidi, Desa Rokirole, Desa Ladolaka dan Desa Tuanggeo. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com