Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alumni UNNES Ge;ar "Sinden Idol"

Kompas.com - 13/10/2012, 22:22 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com--Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan menggelar "Sinden Idol" dengan harapan dapat menjadi salah satu upaya untuk ikut melahirkan pesinden profesional dari Jawa Tengah.

"Pagelaran ’Sinden Idol’ ini berangkat dari keprihatinan kami. Seni suara yang dilantunkan siden semakin tidak populer terutama di kalangan remaja," kata Ketua Umum DPP IKA Unnes Budiyanto di Semarang, Sabtu.

Kalangan remaja tidak banyak yang berminat, sedangkan sejumlah warga negara asing justru banyak belajar menjadi sinden.

"Ini kan ironis. Padahal jika dilihat profesi sinden, cukup menjanjikan jika dijalani dengan serius seperti Soimah. Sekarang siapa yang tidak kenal Soimah yang mengawali karirnya sebagai sinden," kata Budiyanto yang juga Kepala Bidang Nilai Budaya, Seni, dan Film Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jateng itu.

Budiyanto menjelaskan dengan "Sinden Idol", akan dijaring calon-calon pesinden berbakat berasal dari seluruh kabupaten dan kota di Jateng.

"Pelaksanaan secara teknis, kami menunjuk Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unnes serta melibatkan ’stakeholder’ terkait seperti dinas pendidikan, dinas kebudayaan dan pariwisata, dan para alumni," katanya.

Pendaftaran dimulai 15 Oktober hingga 15 November 2012 di DPC IKA Unnes kabupaten dan kota terdekat.

"Audisi akan dilakukan di enam tempat yakni di Kabupaten Pati, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Magelang, Kabupaten Kebumen, Kota Tegal, dan Kota Semarang," katanya.

Dari audisi tersebut, akan dipilih tiga orang yang akan maju pada grand final yang dijadwalkan pada 1 Desember 2012 di Kota Semarang.

"Pemenang akan mendapatkan hadiah, piagam, piala dari Gubernur Jateng, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Rektor Unnes," demikian Budiyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com