Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palangkaraya Hanya Punya Satu Pos Pemadam Kebakaran

Kompas.com - 13/10/2012, 15:01 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com -- Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, hanya memiliki satu pos pemadam kebakaran, yakni di Jalan Diponegoro. Sebenarnya terdapat dua pos namun tempat lainnya di Jalan Tjilik Riwut itu tidak berfungsi karena keterbatasan personel dan mobil pemadam.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Pemadam Kebakaran Palangkaraya, Wawan Berlison, tempat yang tidak digunakan, yakni Pos Aju Bukit Batu Tangkiling. "Jumlah dua pos, dengan satu di antaranya yang tak berfungsi itu masih amat jauh dari ideal," kata Wawan, Sabtu (13/10/2012).

Idealnya Palangkaraya memiliki tujuh pos berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) mengenai perbandingan dengan jumlah penduduk. Jumlah penduduk Palangkaraya sekitar 220.000 orang. Sementara, satu pos harus didirikan untuk setiap 30.000 penduduk.

Jumlah personel pemadam kebakaran di Palangkaraya sebanyak 34 orang dengan armada sebanyak empat mobil pun masih jauh dari jumlah ideal, yaitu 550 personel dengan 22 mobil.

"Tanggulangi penyebab kebakaran dengan menyediakan alat pemadam secara swadaya dan membentuk barisan sukarelawan untuk ketahanan terhadap bahaya tersebut," kata Wawan. ujarnya.

Wawan menambahkan, masyarakat juga perlu mengganti instalasi listrik yang sudah berusia lebih dari 10 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com