Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Mata Tumpah di Monumen Bom Bali

Kompas.com - 12/10/2012, 10:24 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

KUTA.KOMPAS.com — Monumen bom Bali di Ground Zero Legian, Kuta, Jumat (12/10/2012) pagi, menjadi tujuan banyak orang yang ingin mengenang para korban ledakan bom teroris di Sari Club dan Paddys Pub, sepuluh tahun silam.

Selain meletakkan bunga di monumen, mereka juga mendoakan kerabat dan sahabat yang tewas dalam salah satu tragedi kemanusiaan terbesar di Indonesia tersebut. Sebagian besar pengunjung yang memberi penghormatan pagi ini adalah wisatawan asal Australia.

Dalam peristiwa bom Bali 2002 silam, korban terbanyak berasal dari Australia, yakni 88 orang. Beberapa dari peziarah itu tak kuasa menahan haru dan meneteskan air mata saat mengenang sahabat yang telah mendahului.

"Kami kehilangan temen dekat, pasangan orang Bali. Kami sangat sedih untuk semua orang di dunia, khususnya Bali. Kami berharap tidak terjadi lagi," ujar Jeanne Burmistarteman sambil terisak.

Warga Australia barat ini masih teringat peristiwa memilukan 10 tahun silam yang merenggut nyawa temannya. "Saya selalu mengingat mereka dan melakukan penghormatan hari ini," tuturnya.

Tak hanya Jeanne, sejumlah wisatawan asal Australia yang terkenang peristiwa tragis tersebut tak kuasa menahan tangis saat melihat foto-foto korban yang terpampang di monumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com