Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 1.200 Personel Amankan Hari Pangan Sedunia

Kompas.com - 11/10/2012, 23:45 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Sebanyak 1.200 personel akan dikerahkan untuk mengamankan puncak acara Hari Pangan se-Dunia (HPS) Tingkat Nasional. Mereka yang mengamankan acara di Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada 18 Oktober 2012 itu terdiri dari 400 TNI dan 800 polisi .

Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura Mayor Jenderal Ridwan mengatakan, pengamanan sudah dilakukan sesuai prosedur tetap (protap). "Sudah ditunjuk komandan Korem 102/Panju Panjung sebagai ketua satuan tugas (satgas)," katanya di Palangkaraya, Kamis (11/10/2012).

Komandan Korem 102/Panju Panjung Kolonel (Czi) Irwan akan dibantu aparat keamanan dari Kepolisian Daerah (Polda) Kalteng. Ridwan mengatakan, persiapan berjalan dengan baik. Acara-acara besar di Palangkaraya sudah digelar beberapa kali. "Tidak ada masalah. Kami bersama polisi siap mengamankan acara," ujarnya.

Acara besar yang sebelumnya diadakan di Palangkaraya antara lain Hari Koperasi Nasional pada Juli 2012 yang dihadiri Wakil Presiden Boediono, kunjungan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon pada November 2011, dan kedatangan mantan perdana menteri Inggris Tony Blair pada Oktober 2011.

Penyelenggaraan HPS dianggap penting karena akan dihadiri menteri-menteri terkait, para duta besar negara sahabat, dan kalangan petani. Jumlah tamu yang akan hadir sekitar 2.500 orang. Acara-acara yang diselenggarakan seperti gelar teknologi, lomba cipta menu, dan pameran.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com