Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jual Jam Tangan Merk Palsu, 4 Toko Digerebek

Kompas.com - 11/10/2012, 18:34 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Empat pemilik toko jam tangan di pertokoan Pusat Grosir Surabaya (PGS) terjaring razia. Keempatnya terbukti menjual jam tangan palsu dengan merk terkenal dunia seperti Rado, Mido, Longines, Tissot, Omega.

Dari empat toko di lantai dasar blok E tersebut, petugas mendapatkan ribuan jam tangan merk palsu dengan harga jauh lebih murah, yakni sekitar Rp 20 ribu sampai Rp 40 ribu. Padahal harga aslinya, jam tersebut berkisar Rp 40 juta sampai Rp 50 juta.

Razia mendadak itu digelar tim gabungan dari Ditjen Penyidikan Hak Kekayaan Intelektual, Kemenkumham dan Korwas PPNS Polda Jatim, Kamis (11/10/2012), menindak lanjuti laporan perwakilan merk-merk jam asli Swiss di Tangerang.

''Pemakaian merk tanpa izin tersebut dinilai merugikan konsumen, negara, dan menciptkan persaingan bisnis yang tidak sehat,'' kata Kasubdit Penindakan Dirjen HKI, Johno Supriyanto.

Bulan lalu, kata Johno, Timnas HKI juga menggerebek tiga toko di Discovery Mall, Kuta Bali. Dari tiga toko itu, tim menetapkan 3 pemiliknya menjadi tersangka. Mereka terbukti memperjualbelikan jam tangan merk Omega, Longines, Tissot, Rado, Mido dan Swatch palsu. Sebanyak 500-an buah jam tangan merk tersebut disita.

Tersangka terancam dijerat pasal 94 UU 15 tahun 2001 tentang HKI dengan ancaman maksimal 1 tahun penjara dan denda Rp 200 juta. Sedangkan untuk produksi barang palsu bisa dijerat dengan pasa 91 UU 15 tahun 2001 dengan ancaman maksimal 4 tahun penjara dan denda Rp 800 juta.

''Kami masih terus mengembangkan kasus ini untuk mengungkap siapa produsen jam tangan palsu itu,'' pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com