Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garin Hanya Mau Dampingi Rustriningsih

Kompas.com - 10/10/2012, 23:43 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com Nama sutradara film, Garin Nugroho, saat ini tengah disebut-sebut sebagai calon wakil gubernur dari PDI-P yang akan mendampingi Rustriningsih, dalam Pilkada Jawa Tengah tahun 2013 mendatang.

Dia mengaku keputusan itu diambil dengan penuh kesadaran, tanpa khawatir disebut "aji mumpung".

Hal itu dikemukakan Garin, sewaktu menghadiri diskusi film Mata Tertutup di Gedung Indonesia Menggugat, Bandung, Rabu (10/10/2012).

Saat ini Garin masih menanti keputusan dari Dewan Pimpinan Daerah PDI-P, mengenai kepastian duetnya dengan Rustriningsih. "Saya hanya mau maju, kalau gubernurnya Rustriningsih," ujarnya.

Saat ditanya alasannya, Garin malah balik bertanya. "Menurut Anda, calon mana lagi yang lebih baik?"

Dia mengaku sempat ditawari untuk langsung menjadi calon gubernur, tetapi menolak karena niatnya hanya untuk mendukung calon pemimpin yang dianggapnya tepat.

Garin pun tidak risau, saat dianggap hanya menjual popularitasnya. Dia beralasan hal itu sah-sah saja demi memenangkan calon pemimpin yang dianggapnya kompeten.

Bila terpilih nanti, Garin akan menggarap kesenian dan pemberdayaan pemuda. Dia beralasan, angkatan muda merupakan fondasi utama dari masyarakat, dan pemberdayaan daerah dengan sendirinya akan memberdayakan provinsi untuk kemudian memberdayakan negara.

Disinggung mengenai fenomena Joko Widodo yang memenangkan Pilkada DKI Jakarta bersama Basuki Tjahaja Purnama, Garin mengungkapkan bahwa kepemimpinan setiap orang pasti berbeda-beda.

"Yang penting, dia bisa memberikan harapan bagi masyarakat," kata Garin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com