Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Rayakan Keistimewaan Yogyakarta

Kompas.com - 10/10/2012, 11:26 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Ratusan warga Yogya berkumpul di Pagelaran Keraton Yogyakarta sebagai wujud syukur atas dilantiknya Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam IX sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (10/10/2012).

Berbagai acara dan jajanan pasar disuguhkan panitia untuk masyarakat Yogya. Acara syukuran yang dibuka untuk umum ini dihadiri oleh sejumlah oraganisasi kemasyarakatan di Yogyakarta. Tampak hadir pula budayawan sekaligus seniman Butet Kertarajasa beserta seniman Yogyakarta lainnya.

"Ini sebagai wujud golonggiling masyarakat Yogya. Kegembiraan daerah istimewa ini menjadi kegembiraan seluruh masyarakat Yogyakarta," ujar Hasto, ketua Sekber Keistimewaan saat ditemui di Pagelaran Keraton Yogyakarta.

Diberitakan sebelumnya, Sultan Hamengku Buwono X dan Paku Alam IX resmi dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Gubernur dan Wagub DIY di Gedung Agung, Yogyakarta. Pelantikan Sultan dan Paku Alam berlangsung lancar sekitar 30 menit mulai pukul 10.00 tadi.

Pelantikan Sultan dan Paku Alam dihadiri 400 tamu undangan, sebanyak 150 undangan menyaksikan langsung seremoni pelantikan di Ruang Garuda, Gedung Agung, sementara 250 tamu lainnya menyaksikan pelantikan melalui layar monitor di Ruang Kesenian, Gedung Agung.

Meskipun hanya bisa menyaksikan acara tersebut melalui layar monitor, warga Yogyakarta berbondong-bondong ke Gedung Agung.

"Saya dan keluarga sengaja datang ke sini untuk menyaksikan pelantikan. Acara ini belum tentu terulang kembali karenanya saya menyempatkan waktu ke sini," kata Yanto (35) warga Pakem, Sleman.

Berbeda dengan Yanto, Wasih (80) warga Gamping, Sleman, rela berangkat pagi dengan naik bis hanya untuk bisa menyaksikan acara pelantikan tersebut.

Sementara itu, seperti yang diberitakan sebelumnya, semarak pelantikan Sultan tak hanya terjadi di Gedung Agung. Pedagang di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, tak mau ketinggalan dalam menyemarakkan upacara pelantikan ini.

Ratusan pedagang pasar antusias menonton jalannya pelantikan dengan menggunakan televisi yang disediakan pengelola pasar. Meski hanya televisi selebar 14 inci, para pedagang terlihat antusias dalam menyaksikan upacara itu. Para pedagang pun harus rela berdesak-desakan untuk bisa melihat tayangan dengan jelas.

Berita-berita terkait bisa diikuti di Topik Hari Ini: PELANTIKAN GUBERNUR DIY

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com