Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lomba Renang Antar-Pulau di Ternate

Kompas.com - 10/10/2012, 06:27 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi Maluku Utara merayakan hari jadinya yang ke-13 dengan menggelar berbagai kegiatan, termasuk perlombaan. Salah satunya lomba renang antarpulau tingkat nasional yang digelar pada Rabu (10/10/2012) pagi ini.

Kegiatan renang antarpulau mengambil lokasi di Pulau Maitara dengan finis di Pulau Ternate dengan jarak 2 kilometer.

"Kegiatan renang ini dinamakan Renang Teluk Seribu karena lokasi renang itu terdapat di uang Rp 1.000, ada Pulau Maitara-nya," urai Taufik Madjid, ketua panitia yang juga Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Utara.

Kegiatan ini diikuti 41 peserta, terdiri dari beberapa provinsi. Karenanya, panitia menghadirkan Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI).

"Atlet renang secara nasional sebanyak 34 orang dari beberapa provinsi, sedangkan yang lokal di sini hanya 7 orang," ungkap Amir Husen dari PB PRSI.

Menurutnya, renang antarpulau kali ini merupakan kegiatan penuh risiko karena kondisi laut di antara Pulau Maitara dan Pulau Ternate sangat tidak menentu akibat pengaruh cuaca. Namun, pihaknya sudah melakukan uji lapangan sehingga dapat mengantisipasi kemungkinan terburuk saat renang.

Pihak panitia akan memberi pemenang lomba ini Rp 25 juta untuk juara I, baik putra maupun putri. Bahkan sampai peringkat ke-10 besar pun diberikan uang tunai secara bervariasi sesuai prestasinya, juga diberikan penghargaan berupa piagam.

Selain renang antar-pulau, ada juga kegiatan lainnya dalam memeriahkan Hari Jadi Ke-13 Provinsi Maluku Utara, seperti pertandingan sepak bola. Ada juga kegiatan-kegiatan bakti sosial berupa pengobatan massal gratis dan lainnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com