Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perawat Penjara Dibui karena Selingkuh dengan Napi Pemerkosa

Kompas.com - 09/10/2012, 16:10 WIB

LONDON, KOMPAS.com Seorang perawat di sebuah lembaga pemasyarakatan di Inggris dihukum tiga tahun penjara. Pasalnya, ia berhubungan seks dengan seorang narapidana kasus pemerkosaan di sel si napi, sementara rekan-rekannya berjaga-jaga di luar sel.

Teman-teman satu tim Karen Cosford, nama perawat itu, juga dipenjara karena perilaku tak pantas mereka, yaitu merahasiakan hubungan Karen dengan "penjahat" yang dibui seumur hidup, Brian McBride. Diyakini, kebijakan tutup mulut mereka terkait dengan imbalan uang.

Karen (47) sudah menikah. Suaminya bekerja di lapas itu juga. Perempuan itu mengirim serangkaian pesan kepada pemerkosa itu yang isinya antara lain berbunyi, "Kamulah duniaku", "Sangat merindukanmu", dan "Tak sabar menunggumu bebas".

Secara kebetulan suami Karen, Derrie Cosford, yang tak menyadari perselingkuhan itu, yang bekerja sebagai negosiator penjara, menjadi bagian dari tim penggeledahan terhadap McBride. Ketika itulah si napi mengisyaratkan tentang kebohongan dan penipuan istri Derrie.

Klaim perawat itu bahwa dia dipaksa dalam hubungan itu diabaikan juri di pengadilan Bradford Crown Court, yang menyatakan dia bersalah karena bertindak tak patut di kantor publik dengan melakukan hubungan seksual dan tidak memberitahukan kepada pihak berwenang bahwa McBride mempunyai ponsel.

Carolyn Falloon (50) dan Jacqueline Flynn (46), keduanya rekan Karen yang sama-sama kerja di bidang kesehatan berpengamanan ketat di Wakefield Prison, West Yorkshire, juga dihukum karena tidak memberitahu pihak berwenang tentang perselingkuhan dan kepemilikan ponsel napi itu. Seorang rekan Karen yang lain telah mengakui kesalahannya pada pengadilan sebelumnya.

Para jaksa penuntut mengatakan, para petugas yang bersalah dimotivasi oleh "keserakahan" dan ditipu oleh klaim McBride tentang harta di luar penjara.

Ketika menjatuhkan vonis, hakim David Hatton mengatakan, "Merupakan hal yang menyedihkan ketika empat orang dengan karakter yang baik sebelumnya, pegawai negeri yang telah mengabdikan hidupnya bertahun-tahun, harus menemukan diri mereka dihukum karena telah menyalahgunakan kepercayaan yang mereka peroleh." Kepada Karen, hakim mengatakan, "Anda yakin dia menjadi orang yang berarti dan berencana untuk melanjutkan hubungan dengan dia di luar (penjara) sampai Anda mencapai kesimpulan bahwa Anda telah digantung bersamanya."

Dalam persidangan selama empat minggu terungkap bagaimana Flynn mengaku selama wawancara dengan polisi bahwa ia berjaga-jaga di luar sel McBride, sementara pasangan itu berada di dalamnya dan ia mendengar mereka berhubungan seks. Dakwaan pengadilan menyatakan bahwa McBride, yang menjalani hukuman seumur hidup karena sejumlah kasus perkosaan dan kekerasan, berada di pusat kesehatan sebagai pasien rawat inap dan bekerja sebagai petugas kebersihan saat ia berada di sana.

Perselingkuhan tersebut terungkap ketika penggeledahan terhadap McBride pada 25 September 2009 menemukan sebuah charger ponsel. McBride lalu dimasukkan ke selnya, sementara penggeledahan menyeluruh dilakukan dan empat ponsel kemudian ditemukan. Di dapur penjara, para penyidik menemukan foto seorang perawat yang diidentifikasi sebagai Karen dan surat cinta tak bertanda tangan tersembunyi di dalam kantong gula.

Dalam dakwaan juga terungkap bahwa McBride menjadi gelisah selama penggeledahan, yang mendorong sejumlah negosiator yang bekerja di Layanan Penjara mengunjunginya. Salah seorang negosiator itu adalah Derrie Cosford. Dalam negosiasi itulah McBride mengisyaratkan kepada Derrie bahwa dirinya telah punya hubungan khusus dengan istrinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com