Jumat, 25 April 2014

News / Regional

Pabrik Semen Dibangun di Banyumas

Senin, 8 Oktober 2012 | 18:24 WIB

Baca juga

BANYUMAS, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo, Senin (8/10/2012) meresmikan pembangunan pabrik semen yang berada di Desa Tipar Kidul, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas. Investasi pabrik semen tersebut senilai Rp 2,3 triliun dan ditargetkan mulai beroperasi selambatnya 2014 mendatang.

Bibit mengatakan, pembangunan pabrik semen ini harus mendukung pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan warga di sekitar pabrik. Dia juga berpesan kepada investor untuk mengutamakan pekerja asal Ajibarang atau Banyumas sebagai karyawan pabrik semen ini.

Pabrik Semen Panasia tersebut dibangun PT Sinar Tambang Arthalestari. Bibit juga mengharapkan,pembangunan pabrik semen ini dapat menumbuhkan pabrik-pabrik lainnya di Jawa Tengah.

Direktur Utama PT Sinar Tambang Arthalestari Suwadi Bing Andi mengatakan, kehadiran pabrik semen Panasia di Banyumas diharapkan dapat mendukung industri semen nasional.

Menurut dia, operasional pabrik semen berkapasitas produksi 2 juta ton per tahun ini juga akan merekrut tenaga kerja lokal. "Karyawan-karyawan kami yang berasal dari Banyumas dan tersebar di beberapa kota, akan kami tarik untuk bekerja di sini. Kami akan berdayakan sumber daya lokal untuk bekerja di sini," katanya.

Nilai investasi pembangunan pabrik semen Panasia mencapai Rp 2,3 triliun. Areal proyek meliputi kawasan seluas 360 hektar dan mencakup belasan desa di Kecamatan Ajibarang dan Gumelar.

 


Penulis: Gregorius Magnus Finesso
Editor : Robert Adhi Ksp