Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI-P Dekati Khofifah Indar Parawansa

Kompas.com - 08/10/2012, 03:16 WIB

SURABAYA, KOMPAS - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mendekati mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan Khofifah Indar Parawansa untuk diusung sebagai calon gubernur Jawa Timur dalam pemilihan kepala daerah tanggal 29 Agustus 2013. Khofifah bisa dipasangkan dengan Wakil Wali Kota Surabaya Bambang Dwi Hartono.

”Dari eksternal, yang muncul untuk calon gubernur baru Bu Khofifah. Berdasarkan survei, ia juga memiliki tingkat elektabilitas yang baik di Jatim,” papar Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) DPRD Jatim, Ali Muji, Minggu (7/10), di Surabaya.

Alasan lain PDI-P mulai menjajaki Khofifah, Ali Muji menambahkan, Ketua Pengurus Pusat Muslimat Nadhlatul Ulama itu adalah sosok yang populer di Jatim, tokoh nasionalis, religius, serta diyakini mampu melakukan perubahan lebih baik di Jatim. Pada Pilkada Jatim tahun 2008, Khofifah yang berpasangan dengan Brigadir Jenderal TNI Moedjiono kalah tipis dari pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf.

Selain Bambang DH, Ali Muji menambahkan, dua kader PDI-P lain yang akan diajukan sebagai calon gubernur atau calon wagub pada Pilkada 2013. Mereka adalah Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-P Jatim Sirmadji dan Wakil Ketua DPD PDI-P Jatim Bukhori.

Bambang DH, yang juga Wakil Ketua DPD PDI-P Jatim Bidang Kehormatan, mengaku siap bertarung dalam Pilkada 2013 jika diminta oleh partai. ”Saya tidak mengejar posisi. Ditugaskan dimana saja saya siap,” ujarnya.

Bambang juga mengungkapkan, PDI-P tidak terpaku harus mengusung kader sebagai calon gubernur, tetapi fokus untuk memenangi pemilihan.

Secara terpisah, Gubernur Jatim Soekarwo belum dapat memastikan akan berpasangan lagi dengan Saifullah Yusuf saat maju dalam pilkada nanti. ”Saya cocok dan baik dengan Gus Ipul (Saifullah Yusuf), tetapi kan belum deklarasi. Jadi, tunggu saja nanti,” katanya.

Sebaliknya, Khofifah menjelaskan, ia sedang melakukan pemetaan di Jatim. Ia baru akan memastikan ikut pilkada atau tidak pada Desember nanti. ”Buat apa buang energi jika sistem pilkada masih buruk,” ujarnya.

Dede Yusuf di Jabar

Di Jakarta, Minggu, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Saan Mustopa memastikan, Majelis Tinggi Partai Demokrat memutuskan mengusung Dede M Yusuf Effendy sebagai calon gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2013. Namun, belum disebutkan calon wagub yang akan mendampingi Dede. Saat ini Dede menjabat Wakil Gubernur Jabar.

Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR dari daerah pemilihan Jabar, Didi Irawadi Syamsudin, mengakui kader dan simpatisan partainya di bawah mendukung Dede sebagai calon gubernur. ”Ia tokoh muda yang layak memimpin Jabar,” kata Didi lagi.(ILO/ETA/tra)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com