Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI akan Netral dalam Pilgub Sumut

Kompas.com - 05/10/2012, 15:47 WIB
Mohammad Hilmi Faiq

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com — Tentara Nasional Indonesia (TNI) tetap akan bersikap netral dalam setiap pemilihan umum, baik tingkat nasional maupun daerah. Ini sesuai dengan reformasi TNI yang telah bergulir sejak akhir 1990-an. TNI yang berada di bawah Kodam I/Bukit Barisan juga akan netral dalam pemilihan gubernur Sumatera Utara tahun depan.          

"Agenda pertama dari reformasi TNI adalah netralitas. Kami tetap menjaga netralitas meskipun ada calon gubernur entah dia mantan TNI, entah dia sipil. Netralitas sebagai agenda reformasi tetap kami usung," kata Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayor Jenderal Lodewijk F Paulus seusai perayaan Hari Ulang Tahun ke-67 TNI di Medan, Jumat (5/10/2012). Salah satu bakal calon Gubernur Sumatera Utara adalah Letnan Jenderal AY Nasution. Menurut Lodewijk, Ay sudah pensiun dan kembali ke rakyat sebagai masyarakat sipil. TNI tetap berusaha netral dalam pemilihan gubernur Sumut kelak. Dia menambahkan, TNI bertekad bulat untuk kembali sebagai tentara nasional, tentara rakyat, tentara pejuang, dan tentara profesional. "Kami bekerja tanpa pamrih, solid, dan berwawasan," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com