Gangguan Trafo Pasokan Listrik Bogor PLN Padam - Kompas.com

Gangguan Trafo Pasokan Listrik Bogor PLN Padam

Kompas.com - 04/10/2012, 18:58 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Gangguan listrik di salah satu inter koneksi trafo (IDT) yang terletak Cibinong, Kabupaten Bogor menyebabkan listrik pelanggan PLN Bogor padam, Kamis (4/10/2012).

Pantauan ANTARA, pemadaman terjadi sejak pukul 13.00 WIB. Pemadaman listrik melanda hampir sebagian wilayah Bogor seperti Cibinong, Bogor Kota di antaranya wilayah Barat, Tanah Sareal dan Utara.

"Pemadaman terjadi karena gangguan di Cibinong, gangguan travo IDT, menyebabkan pasokan listrik menjadi terganggu," kata Kepala Humas Area Pelayanan Jaringan (APJ) PLN Bogor, Kusumawan.

Kusumawan mengatakan, gangguan travo Cibinong berkapasitas 500 kilo volt memasok listrik bagi 60 persen pelanggan PLN Bogor. Travo IDT Cibinong berfungsi untuk menghubungkan antara tegangan tinggi ke rendah untuk memasok listrik di wilayah Bogor.

"Kantor kami juga terkena pemadaman, kita juga upayakan pasokan dari Cianjur. Karena pasokan interkoneksi Jawa, Madura dan Bali sedang gangguan," katanya.

Kusumawan mengatakan, upaya perbaikan dan pemulihan aliran listrik sedang dilakukan oleh PLN Area Pelayanan Pemeliharaan. "Kita upaya pemulihan secepatnya, secara bertahap diutamakan untuk layanan publik seperti rumah sakit, kantor polisi, dan instansi pemerintahan lainnya. Untuk pelanggan akan dilakukan secara berkala," kata Kusumawan.

Sementara itu, hampir sebagian wilayah di Kota Bogor padam. Masyarakat mulai memanfaatkan penerangan lilin, genset, dan lampu yang berbahan bakar minyak. Selain itu, suasa Bogor juga tengah diguyur hujan. Hingga berita ini diturunkan, pemadaman masih berlangsung.

"Sudah empat jam lebih padamnya. Kerjaan jadi terganggu semua," kata Eka (25) salah karyawan swasta di Kota Bogor.

EditorKistyarini
Komentar

Close Ads X