Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Kurangi Kabut Asap, Malah Terhambat Asap

Kompas.com - 03/10/2012, 21:33 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Sebanyak 11 personel TNI Angkatan Udara mengemban tugas melaksanakan hujan buatan untuk mengatasi kabut asap di Kalimantan Tengah. Namun, perjalanan mereka sempat terhambat kabut asap sehingga kedatangan tim di Kalteng tertunda.

Kapten (Pnb) Muhammad Arif yang memimpin rombongan tersebut di Palangkaraya, Kalteng, Rabu (3/10/2012), mengatakan, ia dan rekan-rekannya dari Skuadron Udara 4 Malang sudah tiba di Bandar Udara (Bandara) Juanda Surabaya, Jawa Timur, Senin lalu. Mereka seharusnya berangkat ke Palangkaraya pada pukul 09.10.

"Lalu, kami diberi tahu bahwa penerbangan delay selama satu jam. Kemudian, ditunda lagi sampai batas waktu yang tak ditentukan," katanya. Hingga pukul 17.30, para penumpang diberi tahu mengenai cuaca di Palangkaraya yang tak mendukung sehingga penerbangan dibatalkan.

Keberangkatan keesokan harinya pun belum bisa dipastikan. Arif lalu berpikir untuk sampai di Palangkaraya bagaimanapun caranya. Ia memutuskan berangkat ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan dengan pesawat lain. Selanjutnya, tim meneruskan perjalanan ke Palangkaraya melalui jalur darat.

"Kami langsung menerbangkan pesawat hujan buatan pada pukul 14.30, Selasa lalu. Sebenarnya sedikit capek, tapi mental kami siap karena sudah diberi tahu akan langsung bertugas," katanya.

Setelah tiba di Palangkaraya, mereka hanya punya waktu sebentar untuk berganti pakaian lalu lepas landas sekitar pukul 14.30. Jika tak terhambat kabut asap, tim seharusnya tiba Senin lalu dan beristirahat. Keesokan harinya, mereka baru bekerja menggantikan tim yang sudah kembali ke Malang, Jatim. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com