Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Cepat, Eddy-Punjul Unggul 48 Persen

Kompas.com - 02/10/2012, 19:26 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

BATU, KOMPAS.com - Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Batu, Eddy Rumpoko-Punjul Santoso, unggul dalam perolehan suara dalam hitung cepat oleh Laboratorium Ilmu Politik dan Rekayasa Kebijakan (Lapora) FISIP Universitas Brawijaya, Malang. Dalam hitung cepat itu hingga Selasa (2/10/2012) sore, pasangan calon nomor urut 4 itu meraih 48 persen suara.

Kepala Lapora FISIP UB Malang Wawan E Kuswandoro mengatakan, hingga pukul 15.25 WIB, seluruh sampel data untuk hitung cepat tersebut telah masuk. Hitung cepat itu melibatkan 160 sampel tempat pemungutan suara (TPS) di 3 kecamatan dan semua kelurahan di Kota Batu.

Hitung cepat itu menempatkan pasangan nomor urut 1 Abdul Majid-Kustomo (MK) di urutan kedua dengan 24 persen suara. Adapaun pasangan urut 2 Suhadi-Suyitno (Dino) mengantongi 21 persen suara dan kandidat nomor urut 3 Gunawan-Sunjoyo (WakGus) mendapatkan 6 persen. Eddy-Punjul di tempat teratas dengan 48 persen suara.

"Untuk suara tidak sah hanya 1 persen. Adapun total suara 39.216 suara. Itu yang masuk ke kita yang menjadi sampel. Hasil quick count ini bukan untuk menyaingi KPU Kota Batu, tetapi hanya untuk pembelajaran politik bagi masyarakat dan khususnya mahasiswa UB sendiri," kata Wawan.

Dengan margin of error sebesar 2 persen, Wawan menyimpulkan bahwa pemilihan kepala daerah kali ini akan dimenangkan oleh Eddy-Punjul.

Secara terpisah, Eddy menyambut positif terhadap hasil hitung cepat Pilkada Kota Batu. "Saya berpikir positif saja. Kita tunggu saja hasil hitungan resmi KPU," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com