Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Mengurung Diri akibat Serbuan Serangga

Kompas.com - 02/10/2012, 11:30 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

 

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Serbuan ribuan serangga mirip kumbang di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, sejak tiga hari terakhir makin meresahkan warga. Karena belum tahu cara mengusir serangan-serangan itu, warga memilih mengurung diri di dalam kamar dengan mematikan semua sumber penerangan.

Berbagai upaya sudah dilakukan warga, mulai dari membakar sampai menyemprot serangga-serangga itu dengan pestisida, tetapi tidak menunjukkan hasil yang diinginkan. Hewan-hewan itu justru terus berdatangan, terutama pada malam hari.

Warga pun memilih berlindung di rumah yang gelap pada malam hari. Mereka juga mematikan lampu-lampu taman sebab serangga-serangga itu menyukai terang.

Kehadiran serangga-serangga itu cukup mengganggu aktivitas warga. Selain menimbulkan bau tidak sedap, serangga-serangga itu membuat kulit terasa gatal dan panas ketika mengenai tubuh.

Sejumlah pemilik toko, minimarket, dan warung makan mengeluh lantaran pendapatan mereka menurun lantaran jumlah pengunjung berkurang.

Warga bukan tidak berusaha mengusir ataupun mematikan serangga yang tidak diketahui asal-usulnya itu.

Sebenarnya ini bukan serangan serangga pertama yang mereka alami. Pada bulan Ramadhan lalu, serangga sejenis walang sangit juga menyerbu. Akibatnya, warga menggelar shalat tarawih di masjid atau mushala dengan lampu dimatikan.

"Tidak ada cara mengusir serangga kumbang ini kecuali mematikan lampu dan mengurung diri di kamar," ujar Ilham, warga Polewali Mandar.

Hingga kini belum ada upaya dari pemerintah setempat untuk menanggulangi serbuan serangga itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com