Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentrok di Lampung, 28 Rumah Rusak dan Dibakar

Kompas.com - 28/09/2012, 22:05 WIB

 LAMPUNG TIMUR — Bentrok antarwarga dua desa pecah di Lampung Timur, Provinsi Lampung, Jumat (28/9/2012). Warga Desa Umbul Tebing tawuran dengan warga Desa Pematang Tahalo, Kecamatan Jabung, Lampung Timur, sekitar pukul 14.00. Dalam peristiwa itu, sebanyak 10 warga terluka, 20 rumah rusak, dan 8 rumah hangus dibakar.

Salah seorang warga Desa Pematang Tahalo, Fatah, mengatakan, akibat tawuran itu, 10 warga Pematang Tahalo terluka, sebagian besar karena tertembak peluru senjata api. Selain itu, sebanyak 20 rumah dirusak dan 8 rumah dibakar.

Hingga malam ini, Desa Pematang Tahalu masih mencekam. Menurut Fatah, aparat kepolisian dan TNI sudah datang ke lokasi untuk melakukan penjagaan. Meski demikian, warga Pematang Tahalo masih mengkhawatirkan serangan susulan, terutama perempuan.

"Banyak warga, terutama perempuan, yang mengungsi ke kerabatnya, sementara yang pria berjaga-jaga," kata Fatah kepada kompas.com melalui sambungan telepon, Jumat malam.

Sementara itu, kantor berita Antara melaporkan, Kepolisian Daerah Lampung mengerahkan sejumlah personel untuk membantu Polres Lampung Timur. Kapolda Lampung Brigjen (Pol) Jodie Rooseto mengatakan, aparat keamanan yang diterjunkan ke lokasi telah dapat meredam aksi bentrokan warga antardesa itu dan masih terus berjaga di lokasi untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan.

Pemicu bentrokan ini disebut karena kesalahpahaman warga terkait kasus pencurian motor. (baca: Pembakaran Pelaku Curanmor Diduga Picu Bentrok Lampung)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com