Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Buku Nikah Kosong Ada di Tas Calon Haji

Kompas.com - 28/09/2012, 03:05 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebanyak 499 buku nikah kosongan atau tanpa nama ditemukan dalam koper pasangan calon jamaah haji asal Pamekasan kloter 20 embarkasi Juanda Kamis (27/9/2012) malam. Buku-buku nikah itu diduga palsu yang sengaja diselundupkan untuk WNI di Arab Saudi.

Humas PT Angkasa Pura I Bandara Juanda, Saryo dikonfirmasi membenarkan penemuan 499 buku nikah yang diduga palsu itu. Barang-barang tersebut terdeteksi mesin x-ray aviation security PT Angkasa Pura I Bandara Juanda yang ditempatkan di Asrama Haji Sukolilo.

"Barang bawaan calon jamaah selalu diperiksa petugas di asrama sebelum diberangkatkan melalui Bandara Juanda," katanya Jumat (28/9/2012).

Curiga ada barang berbahaya di dalam koper itu, pihak aviation security bersama Bea dan Cukai serta Keimigrasian membuka tas milik Calhaj asal Pamekasan itu. Ternyata di sela baju-baju terdapat tumpukan 499 buku nikah.

Jika benar buku-buku nikah tersebut sengaja akan diselundupkan, maka keduanya terancam tidak dapat berangkat ke tanah suci yang dijadwalkan Jumat (28/9/2012) pukul 18.05 WIB.

"Pihak kepolisian dan beberapa instansi yang berwenang baru akan melakukan penyelidikan hari ini, jadi belum dapat dipastikan," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com