Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peralatan Pemantau Kegempaan Gunung Marapi Diperbaiki

Kompas.com - 27/09/2012, 23:46 WIB
Agus Mulyadi

Penulis

PADANG, KOMPAS.com - Tim teknisi dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memperbaiki peralatan pemantau kegempaan di Gunung Marapi, Sumatera Barat, pada ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut, Kamis (27/9/2012) ini.

"Proses perbaikan peralatan pemantau kegempaan di Gunung Marapi berlangsung hingga pukul 18.00 WIB," kata Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) Sumbar, Ade Edward, di Padang, Kamis malam.

Ia menerima laporan ada perbaikan dan penggantian peralatan pemantau gempaan di Gunung Marapi dari Kepala PVBMG Surono.

Dalam laporan itu disebutkan poula bahwa secara visual, teramati tiga kali letusan asap di gunung api itu. Waktu terjadi pada pukul 07.22 WIB, warna asap putih tebal dengan tinggi semburan sekitar 100 meter.

Kemudian terjadi pada pukul 10.51 WIB dengan asap kelabu tebal tinggi semburan 150 meter, dan pada pukul 16.33 WIB asap kelabu tebal semburan tinggi 200 meter dari puncuk gunung Marapi.

"Kami terus memonitor perkembangan Marapi," ujar Ade Edward.


Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com