Rabu, 30 Juli 2014

News / Nasional

Bangun Pesantren, Dahlan Terbang ke Singapura

Kamis, 27 September 2012 | 19:53 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com — Menteri BUMN Dahlan Iskan hari ini terbang ke Singapura. Bukan untuk berobat, Dahlan sedang rapat dengan pimpinan Al Irsyad di sana.

"Saya hanya tiga jam di sini. Sekarang saya bekerja sama dengan Al Irsyad membangun pesantren internasional. Kebetulan menggunakan sistem Al Irsyad Singapura," kata Dahlan dalam pesan singkat, Kamis (27/9/2012).

Sekadar catatan, Dahlan Iskan telah meresmikan sekolah Islam Internasional di Magetan, Jawa Timur, pada Maret 2012 lalu. Sekolah yang bernama Islamic Internasional School (IIS) ini merupakan sekolah dasar bertaraf internasional yang memadukan antara kurikulum Indonesia dan internasional yang berbasis Islam berafiliasi Madrasah Al-Irsyad Al-Islamiah (Singapura).

Pembangunan pesantren tersebut mendapat sumbangan dari Temasek Foundation Singapura Rp 3 miliar untuk proses belajar mengajar. Namun, bantuan tidak semuanya dalam bentuk uang. Sebagian berbentuk fasilitas belajar mengajar termasuk biaya guru pendidik di pondok pesantren tersebut.

"Tahun ini buka satu lagi di Kediri. Keluarga kami punya lebih dari 100 madrasah, tapi ingin punya yang levelnya internasional," jelasnya.

Hari ini pukul 14.00, Dahlan langsung kembali ke Jakarta. Kebetulan malam ini ia juga akan bertemu dengan para syekh di Ciganjur.


Penulis: Didik Purwanto
Editor : Tri Wahono