Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Komentar Jokowi tentang Tawuran Pelajar

Kompas.com - 27/09/2012, 19:08 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Joko Widodo, Wali Kota Solo, mengomentari maraknya tawuran pelajar yang terjadi di Jakarta beberapa terkahir ini dan mengakibatkan dua korban tewas.

Pria yang akrab disapa Jokowi dan pemenang Pilkada DKI Jakarta versi hitung cepat tersebut mengatakan bahwa permasalahan tawuran pelajar di Jakarta bukan lagi permasalahan kota, melainkan sudah menjadi isu nasional.

"Itu bukan lagi hanya permasalahan kota. Namun, sudah menjadi isu nasional, dilihat dari intensitas kejadian dalam sepekan. Hal tersebut sudah di luar kewajaran," kata Jokowi saat berada di Balaikota Solo, Kamis (27/9/2012).

Meskipun belum sah menjadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi merasa prihatin atas maraknya tawuran pelajar di Jakarta. Jokowi menganggap minimnya ruang publik yang bisa menyalurkan energi kreativitas bagi pelajar di Jakarta menjadi salah satu penyebab. Untuk itu, dia menganggap hal tersebut sangat penting untuk dipikirkan oleh pemerintah dan Kementerian Pendidikan, serta dibutuhkan kerja konkret di lapangan.

"Bisa jadi kurangnya ruang publik dan kreasi untuk remaja. Ini yang harus digarap. Tapi, tentu saja peran dunia pendidikan dan orangtua sangat penting, dan ini semua butuh kerja lapangan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com