Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Calhaj Jember Batal Berangkat

Kompas.com - 26/09/2012, 22:58 WIB
Agus Mulyadi

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Sebanyak enam calon haji Kabupaten Jember, Jawa Timur, dipastikan batal berangkat ke Tanah Suci, untuk menunaikan ibadah haji tahun 2012 karena meninggal dunia, mengundurkan diri, dan hamil.

"Enam calon haji batal berangkat, dua di antaranya hamil setelah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH)," kata Kepala Seksi Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Jember, Misbahul Munir, di sela-sela manasik haji di Stadion Universitas Jember, Rabu (26/9/2012).

Awalnya, kuota haji Jember sebanyak 2.327 orang, namun mendapat tambahan menjadi 2.331 orang dengan enam kelompok terbang (kloter) yakni kloter 66, 67, 68, 69, 70, dan 71, dengan jadwal keberangkatan 14-15 Oktober 2012.

"Kloter 71 merupakan kloter gabungan calon haji Jember dengan calon haji Kabupaten Situbondo," tuturnya.

Menurut dia, pihak Kemenag Jember sudah melakukan pembinaan kepada seluruh calon haji, baik melalui ketua rombongan, KBIH, dan perorangan melalui manasik haji yang digelar pada 26 September.

"Saya mengimbau calon haji bisa menjaga kesehatannya, agar saat berangkat haji nanti kondisinya fit dan tidak sakit," ujarnya menambahkan.

Sementara Humas Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember, Yumarlis, mengatakan sebanyak 650 calon haji Jember memiliki penyakit kategori risiko tinggi karena berusia di atas 50 tahun.


Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com