Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Jemaah Haji Tak Perlu Takut Pipis

Kompas.com - 25/09/2012, 15:17 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Biasanya para jemaah haji saat beribadah di Tanah Suci cenderung menghindari rutinitas buang air kecil dengan cara mengurangi konsumsi air minum. Padahal hal tersebut dapat berakibat buruk pada kesehatan sehingga dikhawatirkan malah mengganggu jalannya peribadatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Kediri Samsul Azhar terkait pentingnya menjaga kesehatan saat haji, di sela pelepasan calon jemaah haji Kota Kediri di Masjid Al Hikam area Lirboyo, Selasa (25/9/2012).

"Mereka itu biasanya nggak mau minum air karena khawatir pipis. Padahal tidak, hal itu justru rentan infeksi," kata Samsul yang sudah pernah pergi haji serta juga seorang dokter ini.

Hal lain menurutnya yang perlu diubah adalah kebiasaan tidak mandi karena ketakutan terserang penyakit gatal. "Supaya tidak gatal bisa diantisipasi dengan lotion untuk menjaga kulit tidak kering," imbuhnya.

Berhaji, menurutnya, adalah momentum dalam meningkatkan keimanan. Oleh sebab itu, ia juga mengingatkan pentingnya menerapkan kesabaran saat menunaikan rukun Islam yang kelima itu dan dapat terus diamalkan sepulangnya di tanah air.

Calon jemaah haji Kota Kediri tahun ini mencapai 273 orang dan direncanakan berangkat pada tanggal 28 September nanti. Pelepasan calon jemaah haji ditujukan sebagai penekanan kepada mereka agar mengikuti semua arahan yang telah diberikan selama bimbingan manasik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com