Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerbau Dinamai "Jokowi", Pemilik Pakai Kemeja Kotak-kotak

Kompas.com - 24/09/2012, 21:52 WIB
Kontributor Tana Luwu, Husain

Penulis

TANA TORAJA, KOMPAS.com - Fenomena Joko Widodo tidak hanya di Jakarta dan Solo. Di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, seorang peserta kontes kerbau menamakan kerbaunya "Jokowi", untuk menarik perhatian juri dan pengunjung.

Pemilik kerbau yang bernama Kalipang itu juga tidak mau kalah dengan nama kerbaunya. Saat mengikuti kontes, dia memakai kemeja kotak-kotak, khas Jokowi-Basuki.

Upaya Kalipang tidak sia-sia. Penampilan keduanya mendapat teriakan dan sambutan meriah dari ribuan pengunjung yang memadati arena kontes kerbau di Lapangan Salulambu, Kecamatan Sanggalla, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Senin (24/9/2012).

Kontes kerbau ini bukan hanya dipadati warga sekitar. Wisatawan mancanegara juga tak mau ketinggalan menyaksikan kontes yang diselenggarakan oleh salah seorang warga Tana Toraja, yang dirangkaikan pada kegiatan pesta adat Rambu Solo.

Sekitar lima puluh kerbau kontes yang didatangkan dari berbagai kecamatan di Tana Toraja adalah kerbau pilihan. Harga kerbau-kerbau itu pun sudah mencapai ratusan juta rupiah.

Uniknya, walaupun tidak memperebutkan hadiah besar, namun warga antusias mengikuti kontes kerbau yang baru pertama kali digelar ini. Semua peserta kontes kerbau juga mendapat hadiah berupa sertifikat dan hadiah uang transportasi pengangkutan kerbau dari kampung ke lokasi arena kontes di Kecamatan Sanggala.

"Saya senang ada kontes kerbau diadakan dikampung kami, karena selama ini daerah kami identik dengan kerbau belang (tedong bonga)", ungkap Kalipang.

Kontes kerbau yang berlangsung selama dua hari ini mendapat sambutan meriah dari warga. Mereka bahkan berharap agar pemerintah daerah juga menjadikan kegiatan kontes kerbau sebagai kegiatan rutin dan dapat dimasukan pada kalender wisata.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com