Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM FKPPI Jatim Ancam Duduki KPUD Batu

Kompas.com - 20/09/2012, 17:57 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI/Polri Indonesia (GM FKPPI) Jawa Timur mengancam akan menduduki kantor KPUD Kota Batu jika tidak memasukkan pasangan petahana calon wali kota dan wakil wali kota Batu, Eddy Rumpoko-Punjul Santoso sebagai pasangan calon yang sah mengikuti Pilkada Batu tahun ini.

Ancaman itu disampaikan setelah PTUN Surabaya hari ini memenangkan gugatan partai pengusung pasangan DPC PDIP Batu terhadap KPUD Batu. Dalam putusannya, PTUN Surabaya mewajibkan KPUD Batu memasukkan Eddy Rumpoko-Punjul Santoso sebagai pasangan calon yang memenuhi syarat. Hakim juga membatalkan dan mencabut surat keputusan tentang penetapan pasangan calon yang memenuhi syarat.

''Atas putusan ini kami minta agar KPUD Batu menghormati produk hukum dan segera melakukan putusan hakim PTUN,'' kata Ketua GM FKPPI Jatim Agoes Soerjanto, Kamis (20/9/2012).

Jika tidak ada reaksi dari pihak KPUD Batu, pihaknya akan mengerahkan massa untuk menduduki kantor KPUD Batu, sampai Eddy Rumpoko-Punjul Santoso ditetapkan sebagai pasangan calon sah. ''Ini kami lakukan karena ada upaya politik oleh KPUD batu untuk menyingkirkan incumbent,'' terangnya.

Secara resmi, KPUD Kota Batu mencoret Wali Kota Batu Eddy Rumpoko yang juga salah satu anggota Dewan Penasehat GM FKPPI Jatim itu sebagai calon wali kota Batu untuk pilkada yang akan digelar pada Oktober 2012 mendatang. Pencoretan tersebut karena Eddy Rumpoko tidak memenuhi syarat administrasi dalam hal ini tentang keaslian ijazah SMP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com