Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debu Lokon Sampai Manado

Kompas.com - 20/09/2012, 12:34 WIB
Jean Rizal Layuck

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Sampai dengan Kamis (20/9/2012) siang, debu masih bertebaran di sejumlah permukiman dan gedung perkantoran di Kota Manado, akibat letusan besar Gunung Lokon, Rabu (19/9/2012) malam.

Debu menyelimuti wilayah Sario, Wanea, Wenang dan Malalayang, Kota Manado.  

 

Debu Lokon menyelimuti Manado sejak Rabu tengah malam, dimungkinkan karena saat Lokon meletus Rabu malam angin bertiup ke arah Utara hingga mencapai kota yang berjarak sekitar 25 kilometer itu.  

 

Sejumlah warga Manado sempat terkejut, ketika bangun pagi melihat atap rumah dan pekarangan berdebu. Mobil warga yang diparkir di halaman rumah, diselimuti debu tebal seperti pasir berwarana kecoklatan.  

 

"Saya kaget bangun pagi lihat mobil sudah berubah warna coklat, tidak tahunya debu," kata Novi Pontoh, warga Sakobar. Banyak warga Manado kurang tahu letusan Lokon pada malam hari.  

 

Di kawasan Wanea, terlihat sejumlah warga masih membersihkan atap rumah mereka yang sebagian dari seng. Kalau tidak dibersihkan seng cepat bocor, kata Denny Walandouw, warga Wanea. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com