Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hampir Sepanjang Tahun Gunung Lokon Meletus

Kompas.com - 19/09/2012, 22:52 WIB
Ahmad Arif

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Gunung Lokon di Sulawesi Utara kembali meletus, Rabu (19/9/2012) sekitar pukul 23.01 Wita. Letusan kali ini dan melontaran material vulkanik hingga 1.500 meter dari kawah Tompaluan.

"Dentuman letusan Gunung Lokon dilaporkan terdengar hingga jarak 5 km," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG), Surono.

Menurut Surono, sebelum meletus gunung ini terus meningkat aktivitasnya ditandai dengan terekamnya gempabumi vulkanik dalam dan dangkal sejak pukul 18:00 Wita.

"Kami telah merekomendasikan agar masyarakat tidak beraktivitas dalam radius 2.5 km dari Kawah Tompaluan," katanya.

Surono meminta agar masyarakat di sekitar Gunung Lokon terus bersiaga dan bersabar karena sudah satu tahun lebih gunung ini meletus secara sporadis.

Sebelumnya, gunung Gunung api Lokon yang berjarak lima kilometer dari Kota Tomohon atau 40 km dari Kota Manado ini meletus pada Sabtu (15/09/2012) pukul 18.56 Wita.

Pada Selasa (1/5/2012), pukul 11.55 Wita, gunung berketinggian 1.580 meter omo ini juga meletus dan menyemburkan asap letusan hingga ketinggian 2.500 meter. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com