Rabu, 23 Juli 2014

News / Regional

Modifikasi Cuaca

Empat Kabupaten Belum Dapat Hujan Buatan

Rabu, 19 September 2012 | 20:53 WIB

PALANGKARAYA, KOMPAS.com —  Empat kabupaten di Kalimantan Tengah belum mendapatkan hujan buatan sama sekali. Kabupaten-kabupaten itu adalah Sukamara, Lamandau, Kotawaringin Barat, dan Murung Raya. Namun, hujan buatan tak dilakukan bukan karena daerah-daerah itu tak diperhatikan.

Koordinator Pemanfaatan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) Budi Harsoyo di Palangkaraya, Rabu (19/9/2012), mengatakan, jarak yang bisa ditempuh pesawat pembuat hujan, yakni Casa 212-200, hanya 120 mil laut. Daerah-daerah yang tak mendapatkan hujan buatan berada di luar jangkauan pesawat.

"Jika jenis pesawat mendukung dengan daya jelajah lebih luas, hujan buatan tentu akan dilakukan di kabupaten-kabupaten itu," kata Budi. Di Kalteng, terdapat 14 kabupaten/kota. Murung Raya terletak jauh dari Palangkaraya atau sudah berbatasan dengan Kalimantan Timur.

Demikian pula Sukamara, Lamandau, dan Kotawaringin Barat yang berada di dekat Kalimantan Barat. Hujan buatan dimulai pada 28 Agustus dan berlangsung selama 40 hari. Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau, Kotawaringin Timur, dan Katingan dengan lapisan gambut yang cukup tebal menjadi daerah-daerah prioritas.

"Sejauh ini, garam yang sudah ditaburkan dengan pesawat sebanyak 24,8 ton dengan jumlah penerbangan sebanyak 31 kali," kata Budi. 


Penulis: Dwi Bayu Radius
Editor : Robert Adhi Ksp