Rabu, 22 Oktober 2014

News / Regional

Areal Gambut Paling Sulit Dikendalikan

Rabu, 19 September 2012 | 16:04 WIB

JAMBI, KOMPAS.com -- Sebagian besar areal yang terbakar di Jambi berada dalam kawasan gambut. Petugas kesulitan memadamkan karena api kerap bertahan hingga kedalaman tiga meter hingga empat meter.

Saat ini, diperkirakan sudah 2.000 hektar areal lahan dan hutan yang terbakar. Sebagian besar merupakan lahan gambut.

Kepala Bidang Perlindungan Hutan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Agus Sriyanta mengatakan, tim telah menggunakan suntikan gambut yang mampu menembus api hingga kedalaman 1,5 meter. Akan tetapi, api masih kerap bertahan hingga kedalaman empat meter, dan muncul kembali beberapa waktu kemudian.

Ia mencontohkan, dari tiga titik besar bakaran dalam Hutan Lindung Gambut (HLG) Kabupaten Tanjung Jabung Timur, baru satu titik yang berhasil padam sejak pemadaman berlangsung selama sepekan terakhir. Dua titik lainnya masih terbakar. Pihaknya mencoba menahan api meluas ke pemukiman, dengan cara menyisir api dari bagian terdekat dengan desa.

Dia mengemukakan, sudah lebih dari 100 orang petugas Manggala Agni diterjunkan ke lokasi. Tim pemadam dari wilayah barat Jambi bahkan didatangkan untuk menjinakkan api yang sangat marak di wilayah timur dan tengah.


Penulis: Irma Tambunan
Editor : Nasru Alam Aziz