Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Areal Gambut Paling Sulit Dikendalikan

Kompas.com - 19/09/2012, 16:04 WIB
Irma Tambunan

Penulis

JAMBI, KOMPAS.com -- Sebagian besar areal yang terbakar di Jambi berada dalam kawasan gambut. Petugas kesulitan memadamkan karena api kerap bertahan hingga kedalaman tiga meter hingga empat meter.

Saat ini, diperkirakan sudah 2.000 hektar areal lahan dan hutan yang terbakar. Sebagian besar merupakan lahan gambut.

Kepala Bidang Perlindungan Hutan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Agus Sriyanta mengatakan, tim telah menggunakan suntikan gambut yang mampu menembus api hingga kedalaman 1,5 meter. Akan tetapi, api masih kerap bertahan hingga kedalaman empat meter, dan muncul kembali beberapa waktu kemudian.

Ia mencontohkan, dari tiga titik besar bakaran dalam Hutan Lindung Gambut (HLG) Kabupaten Tanjung Jabung Timur, baru satu titik yang berhasil padam sejak pemadaman berlangsung selama sepekan terakhir. Dua titik lainnya masih terbakar. Pihaknya mencoba menahan api meluas ke pemukiman, dengan cara menyisir api dari bagian terdekat dengan desa.

Dia mengemukakan, sudah lebih dari 100 orang petugas Manggala Agni diterjunkan ke lokasi. Tim pemadam dari wilayah barat Jambi bahkan didatangkan untuk menjinakkan api yang sangat marak di wilayah timur dan tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com