Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Jokowi-Basuki Temukan Sejumlah Kecurangan

Kompas.com - 19/09/2012, 11:09 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Satu hari lagi pemungutan suara Pilkada DKI Jakarta putaran dilaksanakan. Namun, menjelang hari penentuan itu, sejumlah dugaan kecurangan ditemukan tim sukses Jokowi-Basuki.

Koordinator Bidang Komunikasi dan Media Center Tim Kampanye Jokowi-Basuki, Budi Purnomo Karjodiharjo, mengatakan, timnya akan melaporkan kecurangan-kecurangan itu, Rabu (19/9/2012) siang ini, ke Panwaslu DKI Jakarta.

"Hari ini, Koordinator Bidang Advokasi Tim Kampanye Jokowi-Basuki akan melaporkan berbagai bentuk kecurangan," kata Budi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Bentuk kecurangan yang terjadi seperti penyebaran pamflet bernuansa SARA yang menyudutkan pasangan calon nomor urut 3 ini, keterlibatan lurah dalam kampanye di masa tenang, dan kampanye politisi pro Foke-Nara di sejumlah sekolah yang berlangsung sejak Jumat (14/9/2012) hingga Selasa (18/9/2012).

"Sebelumnya ada LSM atas rekomendasi Diknas melakukan sosialisasi yang intinya mengajak mencoblos pasangan Foke-Nara," tambah Budi.

Selain itu, Tim Kampanye Jokowi-Basuki juga akan melaporkan dugaan praktik politik uang yang dilakukan di masa tenang dengan bukti-bukti yang sudah dimiliki relawan "Kotak-kotak" di beberapa tempat.

Sebelumnya, pada Selasa (18/9/2012) malam, tim Jokowi-Basuki juga telah menyerahkan oknum pendukung salah satu cagub-cawagub kepada pihak kepolisian terkait dengan penyebaran pamflet berbau SARA di kawasan Matraman, Pramuka, dan Angke.

"Kami menyerukan kepada semua warga Jakarta, relawan, pendukung, dan simpatisan Jokowi-Basuki untuk melakukan pengawasan serius, sekaligus mengawal Pilkada DKI Jakarta yang jujur, adil, dan bermartabat," tutup Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com