Jumat, 19 September 2014

News / Regional

Pilkada Kudus

"Si Gebyok" Jadi Maskot Pilbup Kudus 2013

Selasa, 18 September 2012 | 00:08 WIB

KUDUS, KOMPAS.com- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, memilih rumah adat Kudus sebagai maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kudus 2013. Maskot berbentuk rumah adat Kudus itu diberi nama Si Gebyok.

Maskot itu diluncurkan dalam acara Sosialisasi Maskot dan Tahapan Pilbup 2013 di lapangan GOR Wergu Wetan, Senin (17/9/2012).  Peluncuran yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus itu diramaikan pentas Wayang Kampung Sebelah.

Ketua KPU Kabupaten Kudus Gunari Latief mengatakan, Gebyok merupakan sebutan rumah adat Kudus. Gebyok berarti "Gegayuhan Becik kanggo mulYOne Kudus".

Melalui maskot Pilbup 2013, KPU berharap masyarakat yang tinggal dalam satu rumah, yaitu Kudus, berkomitmen ikut menyukseskan Pilbup 2013. Di dalam satu rumah itu, masyarakat diminta untuk mewujudkan proses tahapan pilbup secara damai sejahtera untuk memilik kepala daerah yang mampu memakmurkan Kudus.

"Pemilihan rumah adat Kudus sebagai maskot itu juga merupakan bentuk pelestarian budaya Kudus yang dilakukan KPU," kata dia.

Sedianya, Pilbup Kudus akan diselenggarakan lagi pada 26 Mei 2013. Penyelenggaraan itu bebarengan dengan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng.


Penulis: Alb. Hendriyo Widi Ismanto
Editor : Marcus Suprihadi