Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Mobil PMK Padamkan Kebakaran Pasar Turi

Kompas.com - 17/09/2012, 06:55 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebanyak 50 unit mobil pemadam kebakaran (PMK) dikerahkan untuk memadamkan kebakaran Pasar Turi Lama Kota Surabaya pada Minggu (16/9/2012) hingga Senin dini hari.

Kepala Dinas Kebakaran Kota Surabaya Candra Oratmangun di Surabaya, Senin, mengatakan, sekitar 28-29 mobil PMK yang dikerahkan semua untuk memadamkan kebakaran di Pasar Turi Lama.

Selain itu, katanya, juga ada bantuan mobil PMK dari Gresik, Sidoarjo, dan Pelindo sekitar 8-9 unit.

"Sesudah itu dibantu lagi mobil air dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Surabaya sebanyak 10-12 unit mobil. Kurang lebih total ada sekitar 50 unit mobil yang dikerahkan untuk pemadaman," kata Candra saat dihubungi Antara di lokasi kejadian, Senin (17/9/2012).

Ia mengatakan, saat ini api sudah mulai padam. Meski demikian, pihaknya terus siaga dan terus melakukan pembahasan di lokasi kejadian.

"Sampai siang nanti, jika masih ada titik api atau kepulan asap, kita masih terus melakukan pembahasan," ujarnya.

Candra mengatakan, awalnya kesulitan mencari pasokan air untuk memadamkan api. "Pertama kesulitan, tapi setelah jalan satu jam polanya bisa diatur," ujarnya.

Saat kebakaran, kata dia, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sendiri yang memimpin langsung pemadaman api.
"Dari tadi malam hingga pagi ini, Bu Risma masih ’stand by’ di sini. Dia memimpin langsung," katanya.

Saat ditanya penyebab kebakaran itu, Candra mengatakan pihaknya belum mengetahui secara pasti, apakah karena faktor hubungan arus pendek listrik atau kelalaian manusia.

Setelah pemadaman selesai, kata dia, pihak kepolisian menyelidiki penyebab kebakaran itu. "Yang mencari tahu soal penyebab kebakaran, ya, tugasnya polisi," katanya.

Api yang diperkirakan meludeskan Pasar Turi Lama sejak Minggu pukul 22.00 WIB itu masih belum padam hingga pukul 23.40 WIB. Petugas pemadam kebakaran mengalami kesulitan untuk memadamkan api karena warga setempat panik dan lokasi air cukup jauh.

Belasan mobil PMK, ambulans, PMI, linmas, dan aparat kepolisian sempat didatangkan di lokasi kejadian. Ratusan polisi juga mengamankan lokasi kejadian, sedangkan para pedagang tampak mengangkut barang-barang miliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com