Minggu, 23 November 2014

News / Nasional

Survei

LSI: Rasa Aman Warga Merosot

Minggu, 16 September 2012 | 18:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebutkan, warga Indonesia makin merasa tidak aman tinggal di lingkungannya. 

Menurut hasil survei yang diumumkan, Minggu (16/9/2012), hanya 56,2 persen publik Indonesia yang mengaku masih merasa aman tinggal di lingkungan mereka. Angka itu turun drastis dibandingkan survei serupa pada Januari 2012.  Ketika itu, masih ada 84,1 persen masyarakat Indonesia yang menyatakan aman tinggal di lingkungannya.

Peneliti LSI Hanggoro dalam konferensi pers hasil temuan dan analisis survei nasional LSI Network di Jakarta menyatakan, publik makin merasa tidak aman. Rasa ketidakaman itulah yang menjadi momok d i lingkungan masyarakat saat ini.

Hanggoro mengatakan, hanya dalam tempo sembilan bulan, rasa aman itu turun drastis. Kondisi ini seiring dengan makin meningkatnya masalah-masalah sosial dalam masyarakat. Mulai dari terorisme, masalah keyakinan beragama, aksi premanisme, kriminalitas, hingga kenakalan remaja.

Merosotnya rasa aman warga itu beragam di semua demografi masyarakat. Perempuan, remaja dan masyarakat kota juga merasa kurang aman di tempat tinggalnya masing-masing dengan prosentase di atas 55 persen. Hanya di bawah 30 persen yang merasa aman.


Penulis: Stefanus Osa Triyatna
Editor : Marcus Suprihadi