Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faisal Basri Kecewa Namanya Dicatut

Kompas.com - 15/09/2012, 19:23 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan calon Gubernur DKI Jakarta, Faisal Basri kecewa namanya dicatut dalam undangan deklarasi yang menyatakan pihaknya memberi dukungan kepada calon gubernur dan calon wakil gubernur Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli pada putaran kedua.

Sebagai pihak independen, Faisal mengaku tak akan mengarahkan dukungan kepada kedua pasangan calon yang ada. "Saya kecewa berat dengan kelakuan orang-orang itu. Kita jangan marah, jangan emosi. Mereka khilaf, mudah-mudahan cepat sadar. Àpa yang mereka lakukan enggak pengaruh. Orang kan ikut saya bukan ikut dia," kata Faisal seusai mengadiri diskusi di FX Sudirman, Jakarta, Sabtu (15/9/2012).

Menurut Faisal segelintir oknum yang mengatasnamakan tim sukses Faisal Basri tersebut tidak mengerti jiwa independen. Faisal mengatakan telah mengantisipasi hal tersebut sejak awal. Ia juga menegaskan bahwa pihaknya independen.

"Seminggu setelah Pilkada kita membubarkan diri untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kita punya sekretariat. kita tutup sejak awal. Juga saya katakan dari hari pertama Pilkada, kita independen tak akan memilih, karena saya sama posisinya satu suara," terangnya.

Faisal menegaskan pihaknya tak akan merapatkan suara baik pada pasangan yang akrab disapa Foke-Nara maupun Jokowi-Ahok. Sebagai tim independen, Faisal mengaku tak akan berpikir seperti partai-partai politik lainnya yang telah mengarahkan suara pada putaran kedua.

"Kita juga sudah kasih signal kita enggak mau menjual beli. Kita enggak mau gunakakan logika partai politik," ujarnya. Ia mengaku akan tetap mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) 20 September 2012 mendatang untuk menggunakan hak pilih seperti warga Jakarta lainnya. Namun Faisal merahasiakan siapa calon yang dipilihnya itu.

Sebelumnya tersiar undangan bahwa tim Faisal Basri, yang kerap melontarkan kritik kepada Pemprov DKI Jakarta, mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan nomor urut satu.

Deklarasi tersebut tercantum dalam agenda yang dikeluarkan oleh Tim Media Center Foke-Nara. Berikut saduran undangan tersebut: "Deklarasi Tim Sukses dan Pendukung Faisal Basri - Biem Benyamin kpd Pasangan Fauzi Bowo - Nachrowi Ramli, di Posko Faisal-Biem Jl Kramat Jaya Baru, Blok D-2 No.37 Johar Baru Jakpus."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com