Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Lokon Meletus

Kompas.com - 15/09/2012, 18:54 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Gunung api Lokon di Tomohon yang sedang berstatus siaga kembali mengeluarkan letusan pada Sabtu (15/09/2012) pukul 18.56 Wita.

"Dibanding dengan letusan beberapa waktu lalu, letusan kali ini cukup keras. Rumah kami bergetar, jendela-jendela bergoyang dan warga keluar rumah," ujar Fredy B, warga Kakaskasen III yang berada dekat dengan Lokon.

Danramil Tomohon, Ahmad Nurdin yang berada di pos pemantau ketika dikonfirmasi membenarkan adanya letusan yang lumayan keras tersebut. "Belum ada evakuasi warga, tetapi letusannya kali ini cukup keras. Api terlihat keluar dari kawah dan awan letusan mengarah ke arah utara," ujarnya.

"Letusan Lokon kali ini cukup terasa keras. Desa Kinilow mulai dihujani debu letusan," tambah Fredy. Dan hingga kini aktivitas letusan masih terjadi walau dalam intensitas yang lebih kecil.

Gunung Api Lokon merupakan salah satu gunung api aktif di Sulawesi Utara selain, GA Soputan yang beberapa minggu lalu juga meletus. Di samping itu ada GA Karangetang di pulau Siau yang juga sementara beraktivitas mengeluarkan lahar, serta GA Awu di Sangihe dan GA Mahagetang yang merupakan gunung api bawah laut di Sangihe

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com