Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Tersangka Teroris Ambon Diterbangkan ke Jakarta

Kompas.com - 15/09/2012, 14:17 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Tiga tersangka teroris Ambon yang dibekuk tim Detasemen Khusus (Densus) 88 di Ambon dan Tual, Provinsi Maluku, beberapa waktu lalu, pada Sabtu (15/9/2012) diterbangkan ke Jakarta melalui Bandara internasional Pattimura, Ambon.

Ketiga tersangka kasus terorisme itu yakni, I, S dan W, dibawa ke bandara dari Rumah Tahanan Kepolisian Daerah Maluku di Kawasan Tantui sekitar pukul 12.00 WIT, dengan menggunakan sejumlah mobil pelat hitam. Ketiga diangkut dengan dua mobil Toyota Avanza perak dengan pengawalan ketat tim Densus 88. Setibanya di bandara, ketiganya langsung dibawa ke dalam pesawat dengan tangan terborgol.

Pantauan Kompas.com di Bandara Pattimura, tim Densus 88 yang membawa ketiga tersangka tiba di bandara sekitar pukul 12.20 WIT. Tiba di bandara, ketiganya dibawa terpisah. W dan S dibawa masuk ke dalam bandara melalui pintu masuk utama, sementara I dibawa ke dalam bandara melalui pintu masuk VIP dengan pengawalan satu buah mobil patroli.

Saat dibawa, ketiganya tidak menggunakan penutup wajah, begitu pun dengan anggota tim Densus 88, yang hanya menggunakan pakaian preman dan berkacamata hitam, juga tanpa senjata laras panjang.

W terlihat menggunakan kaus oblong berwarna biru, S menggunakan baju kemeja berwarna krem dan I menggunakan kaus oblong berwarna coklat. Ketiganya hanya menggunakan sandal jepit.

Ketiganya diterbangkan ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Lion Air pada pukul 12.30 WIT dengan nomor penerbangan 887. Mereka mendapat kursi di deret paling belakang dengan nomor tempat duduk 35, 36, dan 37.

Wakil Kepala Polda Maluku Kombes Herry Prastowo kepada wartawan di Mapolda Maluku mengatakan, ketiganya dibawa ke Jakarta untuk penyelidikan lebih lanjut. "Mereka dibawa ke Jakarta untuk kepentingan pengembangan kasus ini," katanya.

Herry mengakui, selain membawa ketiganya, Densus 88 juga membawa serta sejumlah barang bukti lainnya yang berhasil disita saat penggeledahan beberapa waktu lalu.

Proses penerbangan ketiganya sempat menyita perhatian calon penumpang yang ada di dalam bandara. Sejumlah calon penumpang bahkan ada yang terlihat panik, dan sebagian penumpang lainnya malah mengambil gambar ketiga tersangka teroris ini.

Ketiganya sebelumnya ditangkap oleh Densus 88 di sejumlah tempat berbeda. I ditangkap di rumahnya di kawasan Gunung Malintang, Batu Merah, Ambon; S ditangkap di kawasan Kampung Ihu, Batu Merah, Ambon; dan W ditangkap di kawasan Dula Darat, Kecamatan Dula Utara, Tual. Ketiganya ditangkap terkait kepemilikan dua pucuk senjata api organik, tujuh magasin, satu buah granat nanas berikut pelontarnya, serta ribuan amunisi. 

***

Berita terkait dapat diikuti di topik: "TERORIS DI MALUKU"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com