Senin, 20 Oktober 2014

News / Regional

Puluhan Tarian Daerah Warnai Puncak Sail Morotai

Sabtu, 15 September 2012 | 12:30 WIB

Terkait

MOROTAI, KOMPAS.com - Puluhan jenis tari-tarian daerah asal Maluku Utara ditampilkan pada acara puncak Sail Morotai 2012 di Desa Juanga Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Sabtu (15/9/2012).

Penampilan para penari pun memukau perhatian para tamu undangan. Diawali tarian Soya-soya dengan jumlah penari sebanyak 1.000 orang, tarian ini dipersembahkan kepada Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono.

Tarian ini merupakan tarian khas Maluku Utara untuk menyambut para tamu-tamu agung yang berkunjung ke Maluku Utara. Tarian dengan iringan musik tradisional seperti tifa itu dilakoni para penari dengan penuh khidmat. Nampak Presiden maupun Ibu Negara sangat terpukau menyaksikan persembahan tarian selamat datang itu.

Tarian ini disuguhkan saat Presiden memasuki panggung utama setelah sebelumnya disambut dengan nyanyian lagu Indonesia Raya oleh tim paduan suara Pesparawi dari Halmahera Utara.

Usai tarian Soya-soya, rangkaian kirab budaya mempersembahkan tarian-tarian daerah asal Maluku Utara. Masing-masing kabupaten/kota se Malut mempersembahkan tarian daerahnya seperti tari lala, tari tide-tide, tari gala, lalayon, dan sebagainya denga iringan satu jenis musik.

Kirab budaya ini juga diwarnai dengan persembahan maskot Sail Morotai yakni burung bidadari. Pemandangan ini lebih menarik perhatian undangan ketika sejumlah tariannya diiringi dengan lantunan lagu Sail Morotai yang dibawakan artis Ibu Kota, Mely Goslaw. Mely tampak menggunakan busana daerah Maluku Utara bercorak burung Bidadari. Mely juga terlihat sangat antusias melantunkan lagu Sail Morotai.

Setelah membuka kegiatan Sail Morotai 2012 yang ditandai dengan pemukulan beduk, Presiden RI selanjutnya meresmikan monumen Trikora. Presiden tidak turun ke lokasi monumen Trikora di Desa Wawama. Peresmian monumen Trikora hanya secara simbolis berupa penandatangan prasasti monumen Trikora di lokasi kegiatan Sail Morotai.

Sedangkan Ibu Negara langsung meresmikan rumah pintar burung bidadari yang lokasinya tak jauh dari panggung utama kegiatan Sail Morotai. 
***

Berita terkait dapat diikuti di topik "Sail Morotai"


Penulis: Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim
Editor : Glori K. Wadrianto