Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bola Mata Balita Ini Membengkak dan Meletus

Kompas.com - 14/09/2012, 15:24 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Irsyadul Ibad saat ini berbaring lemah di ruang Irna Mata, RSUD dr Soetomo, Surabaya, sejak dua hari lalu. Balita berusia tiga tahun lima bulan ini hanya bisa terus menangis menahan sakit di kedua matanya yang membesar dan mengeluarkan cairan nanah dan darah.

Kondisi kedua mata anak pertama pasangan Fathurosyid dan Rosidah asal Desa Bele Porarebeh, Kecamatan Lenteng, Sumenep, ini sangat memprihatinkan. Benjolan di mata kanannya mengarah ke luar dan sepertinya akan jatuh ke bawah, sementara benjolan di mata sisi kiri mengarah ke pelipis. ''Yang sebelah kanan sudah meletus,'' kata Fathurosyid, Jumat (14/9/2012).

Dia sama sekali tidak mengetahui apa yang terjadi pada putra keduanya itu. Dia hanya menceritakan, benjolan di matanya tiba-tiba muncul setelah Irsyad digigit seekor kucing setahun lalu saat bermain di halaman rumah tetangganya. Karena keadaan ekonomi yang sangat terbatas, akhirnya pria yang bekerja sebagai petani dan kuli bangunan itu hanya memberikan obat seadanya kepada Irsyad.

''Sempat saya bawa ke dokter, tetapi hanya diberi obat tetes dan sirop,'' terangnya.

Tidak tega melihat kondisi putranya yang kian memburuk dan benjolan yang semakin besar, akhirnya berdasarkan saran dari kerabat dan dokter di sana, Fathurrosyid dan Rosyidah bertekad membawa Irsyad ke RSUD dr Soetomo, Surabaya. Sambil menunggu pemeriksaan, keduanya memilih kos di Jalan Dharmawangsa II No 24, Surabaya, dengan harga Rp 35.000 per hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com