Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KM Surya Indah Tenggelam di Sungai Mahakam

Kompas.com - 14/09/2012, 10:37 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.com — KM Surya Indah yang melayani rute pelayaran dari Kota Samarinda menuju pedalaman Kalimantan Timur, yakni di Kabupaten Kutai Barat, dilaporkan tenggelam di Sungai Mahakam pada Kamis (13/9/2012) sekitar pukul 22.00 Wita.

Informasi yang berhasil dihimpun hingga Jumat dini hari menyebutkan, kapal yang diperkirakan mengangkut sekitar 150 penumpang itu meninggalkan Demaga Mahakam Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda, pada Kamis pagi dan kemudian pada malam harinya tenggelam di Sungai Mahakam, tepatnya di wilayah Kecamatan Muara Pahu, Kabupaten Kutai Barat.

"Lokasi tenggelamnya kapal itu diperkirakan di sekitar Kecamatan Muara Pahu atau sekitar empat jam dari Pelabuhan Melak. Menurut informasi yang kami peroleh, kapal itu berpenumpang sekitar 150 orang dan rencananya tiba di sini (Pelabuhan Melak) pada Jumat dini hari," ungkap salah seorang warga Melak, Kutai Barat, Ricki Rifaidi, saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Jumat dini hari.

Informasi tenggelamnya KM Surya Indah itu, kata Ricki, diperoleh warga dari salah seorang penumpang bernama Madi, yang sempat mengabadikan tenggelamnya kapal itu melalui kamera telepon genggam.

"Kami tahu berdasarkan gambar yang dikirim salah seorang penumpang ke keluarganya, kemudian foto itu menyebar melalui telepon genggam warga," kata Ricki Rifaidi.

Hingga Jumat dini hari, kata Ricki, ratusan warga dan kerabat penumpang KM Surya Indah masih terus memadati Pelabuhan Melak untuk memastikan informasi terkait tenggelamnya kapal tersebut.

"Sejumlah petugas dari kepolisian dan petugas dari instansi lain sudah menuju lokasi dengan menggunakan speedboat. Beberapa warga dengan menggunakan speedboat dan perahu juga menuju ke Muara Pahu untuk membantu melakukan pertolongan," ungkap Ricki.

Kepala Dermaga Mahakam Ulu Kota Samarinda Sukarjah pada Jumat dini hari membenarkan peristiwa itu.

"Saya mendapat kabar tentang tenggelamnya KM Surya Indah pada Kamis sekitar pukul 23.00 Wita. Kapal itu meninggalkan dermaga Kamis sekitar pukul 07.00 Wita dan seharusnya tiba di Pelabuhan Melak, Kutai Barat, Jumat sekitar pukul 01.00 Wita," ungkap Sukarjah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com