Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aziz: KPUD Sulsel Harus Belajar dari Pilgub 2007

Kompas.com - 13/09/2012, 13:41 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Sulawesi Selatan harus belajar dari Pemilihan Gubernur tahun 2007 lalu yang dinilainya penuh dengan kecurangan. Hal tersebut diungkapkan bakal calon Wakil Gubernur Aziz Qahhar Mudzakkar saat menggelar konfrensi pers di warung kopi (warkop) Sija, Jalan Boulevard, Kamis (13/9/2012) siang.

Menurut mantan calon gubernur pada Pilgub 2007 ini, Pemilihan Gubernur Sulsel pada 2007 lalu bersengketa, sehingga diproses di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Jelas banyak kecurangan pada Pemilihan Gubernur tahun 2007 lalu sehingga kasusnya bergulir di MK. Salah satu di antaranya pemilih tetap, pemungutan suara hingga perhitungan suara di TPS," katanya.

Aziz menambahkan, dirinya bertarung pada Pemilihan Gubernur tahun 2007 lalu dengan gubernur Sulsel yang saat ini menjabat, Syahrul Yasin Limpo dan mantan Gubernur Sulsel Amin Syam. Namun setelah pemungutan suara, Syahrul yang dinyatakan pemenang oleh KPUD.

Saat pendaftaran besok, Jumat (14/09/2012) di KPUD, dirinya akan bersama pasangannya, bakal calon Gubernur Sulsel Ilham Arief Sirajuddin yang juga masih menjabat  wali kota Makassar. Kedaunya akan didampingi oleh keluarganya masing-masing. Sebab, menurutnya, sebagai pemimpin untuk rakyat, terlebih dahulu harus bisa memimpin keluarga sendiri.

"Jelas istri-istri kami akan mendampingi saat pendaftaran ke KPU. Kalau mengenai jumlah massa yang akan mengawal, diperkirakan puluhan ribu dan tidak ada penggerak massa. Mereka sendiri yang menawarkan diri mengawal kami pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA)," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com