Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Anak Buah Yunita Dibekuk

Kompas.com - 11/09/2012, 20:09 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Polisi terus membongkar jaringan germo kelas kakap yang dikoordinasi Yunita alias Keyko. Kali ini tiga anak buahnya berhasil dibekuk. Seorang biasa beroperasi di Semarang, dan dua lainnya di Surabaya.

Ketiganya adalah Nugroho Tjahajono Budiono alias Dion (36), warga Semarang; Lanny alias Nonik (24); dan Gloria alias Nonik Palsu. Ketiganya memiliki sekitar 900 anak buah PSK. Dion mempunyai 600 anak buah, sementara Lanny dan Gloria mempekerjakan 300 anak buah.

''Di Surabaya, Gloria dan Lanny memiliki kamar khusus di apartemen untuk disewakan kepada pelanggan,'' kata Pjs Kanit Jatanum Polrestabes Surabaya Iptu Solikin Ferry, Selasa (11/9/2012).

Keduanya saling bekerja sama dalam menjalankan bisnis kriminal itu. Kadang, keduanya juga menawarkan dirinya sendiri kepada pelanggan, tetapi dengan harga di atas rata-rata anak buahnya, yakni di atas Rp 2 juta sekali kencan.

''Lanny sebenarnya memiliki suami. Urusan bisnis itu diserahkan sepenuhnya kepada Gloria jika suaminya ada di rumah,'' ujarnya.

Sama seperti bos besarnya, Keyko, ketiganya menjalankan bisnis itu tanpa tatap muka dengan pelanggan. Semua aktivitas transaksi hanya melalui layanan BlackBerry Messenger (BBM). Uang muka juga ditransfer melalui rekening bank.

Kemarin, Polrestabes Surabaya merilis tertangkapnya Keyko, yang disebut-sebut sebagai bos besar bisnis esek-esek yang banyak menjaring pelanggan dari kalangan pejabat dan pengusaha besar itu. Keyko yang memiliki sekitar 2.600 anak buah PSK yang menyebar di kota-kota besar di Indonesia itu ditangkap pada 25 Agustus lalu di Kuta, Bali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com