Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanah Diserobot Camat, Warga Ngadu ke DPRD

Kompas.com - 10/09/2012, 14:01 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

SIDRAP, KOMPAS.com - Tidak terima tanah mereka diserobot oleh oknum camat Wattang Pulu, puluhan warga berunjuk rasa di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sidrap, Senin (10/9/2012).

Warga menuding Camat Wattang Pulu Abd. Waris telah mengklaim tanah mereka di Dusun Maddanaca, Kelurahan Panca Rijang, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap.

Dengan bernadah marah, sejumlah warga saat baru tiba di depan gedung DPRD Kabupaten Sidrap, berteriak dan menuding Abd. Waris untuk mengembalikan tanah mereka yang telah dijual ke sejumlah pejabat.

"Kami meminta tanah kami dikembalikan. Beberapa priode bupati di Kabupaten Sidrap, belum ada seorang camat yang berani berbuat begini," ujar koordinator aksi, Lasendeng.

Di DPRD, Lasendeng bersama warga lainnya membawa berkas tanda bukti pembayaran sejumlah pejabat yang membeli tanah tersebut. Di dalam berkas itu sendiri tercatat nama pejabat Sidrap, antara lain Bupati Sidrap Rusdi Masse dan beberapa anggota DPRD Andi Heru, Anasruddin, Ilham Jumadi, Zainuddin, Andi Hindi, Takyuddin Masse, dan Hamka.

"Tidak hanya bupati dan anggota dewan, camat tersebut juga mencatut nama sejumlah oknum polisi," tegas Lasendeng.

Aksi demo warga diterima anggota DPRD di ruang Komisi I. Dari hasil diskusi disepakati anggota DPRD akan mencoba mendesak Pemerintah Kabupaten Sidrap untuk segera menyelesaikan persoalan tersebut.

"Kami tetap akan meminta pemerintah daerah untuk segera menindalanjuti terkait persoalan ini. Kami akan memanggil pihak-pihak terkait untuk menindaklanjuti hal ini," tandas Sudarmin, anggota DPRD dari Fraksi Demokrat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com