Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuasikal Abua Bupati Maluku Tengah

Kompas.com - 09/09/2012, 23:26 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON,KOMPAS.com - Pasangan Tuasikal Abua - Marlatu Leleury secara resmi dilantik sebagai bupati dan wakil bupati Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) periode 2012-2017.

Proses pelantikan dilakukan oleh Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.81-591/2012 tentang Pengesahan, Pemberhentian, dan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Malteng.

Pelantikan Tuasikal Abua - Marlatu Leleury digelar dalam rapat paripurna istimewa yang  bertempat di ruang paripurna Gedung DPRD Malteng, Sabtu (8/9/2012).

Sidang dipimpin Ketua DPRD Malteng Azis Mahulete, yang dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan oleh Gubernur Maluku. Pasangan Tuasikal Abua - Marlatu Leleury dinyatakan menang oleh KPUD setempat setelah pada putaran kedua berhasil mengalahkan pasangan Jusuf Latuconsina - Liliana Aitonam dengan selisih suara yang hanya 1 persen.

Proses pelantikan berjalan lancar. Namun untuk mengantisipasi terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan, aparat keamanan dari Polres Malteng dan personel TNI dari Yonif 731 Kabaresi diterjunkan di sejumlah lokasi, khususnya di areal tempat berlangsungnya pelantikan. Jumlah aparat TNI dan polisi yang disiagakan untuk mengamankan jalannya pelantikan mencapai 230 orang.

Bupati terpilih Tuasikal Abua sendiri merupakan kakak kandung Abdullah Tuasikal, mantan Bupati Malteng dua periode.  (K54-12)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com