Sabtu, 25 Oktober 2014

News / Regional

PILKADA CILACAP

Petahana Unggul dalam Hitung Cepat

Minggu, 9 September 2012 | 19:05 WIB

CILACAP, KOMPAS.com — Pasangan calon petahana Tatoo Suwarto Pamudji-Akhmad Edi Susanto untuk sementara unggul atas pasangan Novita Wijayanti-M Muslich dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Cilacap Jawa Tengah, Minggu (9/9/2012).

Dari hitung cepat yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Cilacap, calon pasangan nomor urut dua tersebut memimpin dengan perolehan suara 60,84 persen.

Dari informasi situs KPU Cilacap, hingga pukul 19.00  telah dihitung 525.950 suara dari 1.771 TPS. Secara keseluruhan terdapat 3.066 TPS dengan 1.498.215 pemilih.

Ketua KPU Cilacap Warsid mengatakan, hitung cepat hanya untuk menginformasikan perolehan suara sementara masing-masing pasangan calon. Hasil perolehan suara secara resmi berpedoman pada perhitungan manual melalui rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara yang akan dilaksanakan KPU Kabupaten Cilacap pada 14-15 September 2012.

"Penghitungan cepat hanya sampai 70 persen TPS dari total 2.066 TPS," katanya. Pelaksanaan penghitungan cepat ini merupakan kerja sama KPU dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Cilacap dengan mekanisme penggabungan cara hitung manual dan pemanfaatan teknologi informatika. Setiap TPS disediakan formulir penghitungan cepat yang nantinya diisi perolehan suara masing-masing pasangan peserta Pilkada Cilacap.

Menurut dia, formulir tersebut selanjutnya dibawa ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk proses memasukkan data yang langsung terhubung dengan server di kantor KPU Cilacap.

Dalam kerja sama ini, Dinhubkominfo Cilacap menyediakan akses internet dan layar untuk menampilkan penghitungan cepat sehingga setiap kecamatan bisa menyajikan data dengan cepat.

Dalam Pilkada Cilacap, pasangan Novita Wijayanti-Mochamad Muslich diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Gerakan Indonesia Raya, dan Partai Nasional Benteng Kerakyatan Indonesia. Adapun pasangan Tatto Suwarto Pamuji-Akhmad Edi Susanto diusung Partai Golongan Karya, Partai Amanat Nasional, Partai Hati Nurani Rakyat, dan Partai Karya Peduli Bangsa mendapat nomor urut 2.

Novita Wijayanti merupakan Ketua Komisi C DPRD Jawa Tengah. Novita yang merupakan putri Ketua DPRD Cilacap Fran Lukman ini juga menjabat Ketua DPD KNPI Jawa Tengah periode 2010-2013. Sementara Muslich yang mendampingi Novita merupakan seorang PNS yang telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Sekretaris Daerah Cilacap pasca-pencalonannya.

Tatto Suwarto Pamuji yang mencalonkan diri sebagai bupati merupakan petahana yang menjabat Bupati Cilacap sejak Mei 2011 menggantikan Probo Yulastoro yang dipidana karena tersangkut kasus korupsi. Sebelum menjabat sebagai Bupati Cilacap, Tatto merupakan Wakil Bupati Cilacap yang mendampingi Probo Yulastoro setelah memenangi Pilkada 2007. Ahmad Edi Susanto merupakan kader Partai Golkar Cilacap yang menjadi pengusaha di Wangon, Kabupaten Banyumas.

 


Penulis: Gregorius Magnus Finesso
Editor : Robert Adhi Ksp