Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sanitasi Pesisir Pantai di NTT Buruk

Kompas.com - 09/09/2012, 14:39 WIB
Kornelis Kewa Ama Khayam

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Sanitasi di sejumlah titik di Nusa Tenggara Timur buruk. Para pelayan yang mendiami wilayah itu membuang hajat (kotoran) di sembarang tempat.

Yulianto Beeh, staf Badan Pangan Dunia (FAO) di Kupang, Minggu (9/9/2012) mengatakan, pelatihan tentang kesehatan lingjkungan di sepanjang pesisir poantai di NTT sangat penting.

"Di beberapa titik di pesisir pantai NTT, sanitasi sangat buruk. Orang cenderung membuang hajat di tepi pantai sehingga pemandangan sekitar jorok dan tak menarik," kata Beeh.

Selama ini masalah sanitasi yang dibicarakan hanya terkait di pemukiman penduduk, yang jauh dari pesisir. Padahal, masalah sanitasi di pesisir pun sangat penting. Air laut atau pantai bukan tempat yang tepat membuang hajat. Sanitasi yang baik harus memiliki jamban keluarga, air bersih, dan tertutup rapat.

Diare sering menyerang warga pesisir antara lain karena sanitasi buruk tersebut. Tetapi masalah ini jarang mendapat perhatian pemerintah. Pelatihan yang diberikan FAO kepada 30-an nelayan dan ibu ibu nelayan di Kota dan kabupaten Kupang selama 3 hari berturut turut antara lain bertujuan menjadi kesehatan lingkungan tadi. FAO berupaya agar nelayan juga paham tentang sanitasi yang baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com