Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akademi Komunitas Pertama Didirikan di Pacitan

Kompas.com - 09/09/2012, 14:06 WIB
Luki Aulia

Penulis

PACITAN, KOMPAS.com - Memulai rencana pendirian 20 Akademi Komunitas di seluruh Indonesia, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh meletakkan batu pertama pembangunan Akademi Komunitas senilai Rp 50 miliar di Kabupaten Pacitan, Minggu (9/9/2012) siang.

Akademi Komunitas (AK) yang pertama di Indonesia itu merupakan pengembangan dari SMK yang didesain sebagai SMK model atau percontohan. Nuh mengatakan pendirian AK ini merupakan implementasi UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

"Kami berharap AK dapat berkontribusi positif bagi peningkatan keterampilan tenaga kerja terdidik dan meningkatkan APK pendidikan tinggi," kata Nuh.

Lokasi pendirian AK dipilih dengan kriteria khusus seperti daerah yang selama ini menjadi pemasok TKI, daerah dengan sumber daya alam melimpah dan belum termanfaatkan dengan baik. "Kita harap melalui AK struktur angkatan kerja akan berubah menjadi di kelompok menengah. Ini sejalan dengan pelaksanaan Pendidikan Menengah Umum," kata Nuh.

Melalui AK, biaya pendidikan tinggi akan dapat ditekan karena peserta didik tidak harus pergi terlalu jauh untuk bisa kuliah. Jika AK minimal didirikan di setiap kabupaten/kota diharapkan APK pendidikan tinggi dapat meningkat cepat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com